Manfaat Musik Dalam Kehidupan

Posted by Unknown on 4/26/2016 12:34:00 pm with No comments
Halo sahabat ZACKONLINE, terimakasih atas kesetiaannya untuk mengunjungi blog ini. Semoga kalian senantiasa dalam keadaan sehat agar dapat terus mengikuti berbagai informasi menarik seputar dunia musik.

Dalam bahasan kali ini kita akan coba mengulas tentang manfaat musik dalam kehidupan, karena walau bagaimanapun musik adalah bagian dari kehidupan. Mungkin kalian bisa membayangkan bagaimana jadinya bila tak ada musik dalam kehidupan kita, rasanya pasti akan seperti saat kalian berada di pemakaman.

Musik adalah sebuah seni dari suara atau nada yang dirangkai sedemikian rupa untuk menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati oleh indra pendengaran kita. Akan tetapi jika kita berbicara mengenai seni musik tentunya ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Musik yang baik adalah musik yang memiliki nilai keindahan, perasaan, kenyamanan, serta emosi didalamnya.

Faktanya musik memang memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. Bahkan jika kita mau membuka sejarah dan menelusuri jauh ke belakang, musik telah digunakan sebagai terapi penyembuhan pada masa kejayaan Islam yang dilakukan oleh Al-Farabi dan Al-Kindi. Sampai sekarang musik masih menjadi bagian penting dalam kehidupan dan digunakan untuk berbagai kepentingan.

Berikut adalah manfaat musik dalam kehidupan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Sebagai Sarana Komunikasi

Musik merupakan pilihan yang tepat sebagai media penyampaian pesan baik secara tersirat maupun tersurat. Banyak musisi yang menyisipkan pesan moral, romantisme, nasionalisme, nilai agama, serta pelajaran hidup dalam lagu yang mereka ciptakan.

2. Penghayatan Estetis

Musik adalah bagian dari seni dan sebuah karya seni yang baik adalah seni yang memiliki nilai keindahan atau estetika. Dalam musik kita dapat merasakan nilai-nilai estetika melalui irama, artikulasi serta melodi yang terdapat di dalamnya.

3. Pengungkap Perasaan

Musik berfungsi sebagai media untuk mengungkapkan perasaan seseorang, entah itu perasaan suka, duka, bahagia, jatuh cinta, dilema, hingga putus asa. Seorang pemusik dapat bebas berekspresi untuk menuangkan perasaannya melalui musik yang ia ciptakan ataupun yang ia mainkan.

4. Sebagai Hiburan

Sejak zaman dahulu musik sudah menjadi media hiburan bagi umat manusia. Selain menjadi media hiburan musik juga merupakan alat pemersatu masyarakat. Musik biasa ditemui pada upacara adat, pesta pernikahan, hingga acara keagamaan.

5. Perangsang Reaksi Jasmani

Musik dapat merangsang sel-sel saraf di dalam tubuh sehingga saat kita mendengarkan musik tubuh akan bergerak sesuai dengan irama musik tersebut. Jika kita mendengarkan musik dengan tempo yang cepat, maka tubuh kita pun akan bergerak cepat. Begitupun saat kita mendengarkan musik dengan tempo yang lambat, maka tubuh kita pun akan bergerak lambat.

6. Meredakan Rasa Nyeri

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Utah’s Pain Research Center musik secara psikologis dapat mengurangi rasa sakit pada seseorang. Ini dikarenakan musik memberikan efek relaksasi sehingga mampu mengurangi rasa sakit.

7. Mengurangi Resiko Alzheimer

Tanpa disangka ternyata musik juga dapat mengurangi resiko Alzheimer. Alzheimer merupakan otak tua yang indikasinya bisa dilihat adalah mulai mengalami penurunan daya ingat bahkan secara drastis. Musik dengan rangsangan ritmis-nya diyakini mampu menjaga fungsi otak kita. Ritme ini membuat sel-sel saraf otak kita bekerja, perasaan nyaman dan tenang akan timbul yang membuat otak bekerja secara maksimal. Jika terus dilakukan, maka kemampuan berpikir kita akan tetap terjaga bahkan bisa lebih jernih dan tajam dalam berpikir

8. Menunjang Produktivitas Kerja

Bersumber dari journal dari She Knows mengungkapkan hasil studinya tehadap partisipan pegawai muda. Terbukti bahwa pegawai muda yang mendengarkan musik instrumental saja tanpa lirik akan memiliki tingkat kefokusan yang tinggi dibanding mereka yang mendengar musik dengan lirik. Di tambahkan lagi jika pegawai muda tersebut mendengarkan musik yang tidak disukai justru akan menghilangkan fokus kerjanya.

9. Relaksasi Pikiran

Sudah tak bisa dipungkiri jika musik dapat memberikan efek relaksasi terhadap pikiran. Saat kalian mulai merasa penat dengan pekerjaan yang menumpuk, mendengarkan musik merupakan langkah yang tepat untuk merelaksasi pikiran anda. Rangsangan ritmis yang dihasilkan oleh musik dapat memberikan efek relaksasi serta membuat anda merasa nyaman.

10. Membentuk Karakter Diri

Bukan hanya kita sebagai manusia yang mempunyai karakter, musik pun memiliki karakter tersendiri yang biasanya dibedakan menjadi banyak genre. Masing-masing genre mempunyai pasar penikmatnya tersendiri. Menyukai jenis musik tertentu diyakini turut membentuk kepribadian seseorang. Jika kita menyukai musik keras maka kita akan cenderung memiliki karakter optimis. Begitupun jika kita menyukai musik slow maka kita akan cenderung menyukai ketenangan. Maka dari itu tidak salah jika kita menyukai musik alay maka kita pun akan cenderung menjadi alay.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Hasil studi di Belanda menemukan bahwa dengan bemain musik kurang lebih selama 2 jam sehari membantu menurunkan tekanan darah, serta detak jantung kita. Pakar menyarankan bagi penderita jantung untuk bermain musik karena akan menurunkan tekanan darah dan kardiovaskular pada jantung.

12. Menghilangkan Stress

Hasil riset yang dilakukan di Loma Linda Scholl of Medice menemukan bahwa suara musik mempengaruhi turunnya tingkat stress pada tahap genomic. Bagi kalian yang bisa bermain musik, bisa menjadikan ini sebagai sarana refreshing untuk mencairkan rasa penat di kepala.

13. Menarik Perhatian Lawan Jenis

Untuk hal ini kalian pasti pernah mengalaminya saat masih berada di bangku SMA, masa-masa sekolah merupakan masa dimana kalian mulai merasakan ketertarikan terhadap lawan jenis. Terlebih lagi saat kalian melihat seseorang tampil pada acara pentas seni, tentu saja hal itu akan mengundang ketertarikan tersendiri dari lawan jenis. Biasanya kaum hawa yang lebih sering terlihat histeris saat melihat siswa dengan paras tampan tampil untuk bermain musik dan bernyanyi. Meski tak berprestasi di kelas, siswa yang pandai bermain musik lebih memiliki popularitas yang tinggi di sekolah.

14. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Dr. Gordon Show mengungkapkan bahwa dengan bermain musik dapat menyeimbangkan otak kanan dan kiri kita. Alasannya karena saat bermain musik dapat mengaktifkan kedua sisi otak kita secara bersamaan. Kondisi ini akan berdampak positif pada pemain musik yang akan membantunya mendapatkan prestasi kerja dan studi di lingkungannya.

15. Melatih Daya Konsentrasi

Bermain musik menuntut kita untuk berkonsentrasi dalam membaca setiap nada dan kemudian menyelaraskannya dengan kordinasi tangan, kaki dan bagian tubuh lain yang digunakan untuk bermain musik. Pekerjaan ini membuat otak kita terlatih daya konsentrasinya, karena jika pengorganisasian gerak tubuh yang salah tidak akan menghasilkan nada musik yang enak di dengar.

16. Menambah Daya Imajinasi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Rhole Islan, Amerika Serikat dengan melibatkan anak-anak sekolah musik. hasil penelitiannya yang di kemudian beri judul “Learning improved by arts training” itu mengungkapkan bahwa pada usia anak-anak yang sudah belajar bermain alat musik tertentu akan memiliki kepekaan serta kemampuan imajinasi yang lebih tinggi daripada anak-anak lain di usianya yang tidak mempelajari alat musik.

17. Pandai Mengatur Waktu

Penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat kepada 48 partisipan yang memiliki usia 19 sampai 21 tahun baik laki-laki maupun perempuan. Para partisipan adalah yang sudah betul-betul menguasai alat musik. Hasil penelitian tersebut menemukan fakta bahwa adanya suatu kondisi rata-rata di bagian otak dengan kemampuan bahasa, konsep dan manajemen waktunya.

Nah, bagaimana menurut kalian yang masih ragu untuk mulai mempelajari musik? Sudah jelas kan bahwa musik bukan hanya sekedar hobi. Musik dapat memberikan banyak manfaat yang sangat luar biasa bagi jiwa dan raga kalian semua. Jadi, MULAILAH BELAJAR MUSIK SEKARANG JUGA!!!
Categories: