Tips Merawat Gitar Elektrik

Posted by Unknown on 4/11/2016 04:54:00 pm with No comments

Halo sahabat ZACKONLINE, terimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga kalian senantiasa dalam keadaan sehat agar dapat terus mengikuti berbagai informasi menarik seputar dunia musik.

Kali ini kita akan membahas mengenai alat musik gitar, dan anda bisa melihat gambarnya diatas. Gitar merupakan alat musik yang sangat familiar di masyarakat. Anda pasti sering melihatnya ketika pergi bertamu, berkunjung ke sekolah, bahkan saat nongkrong di pos ronda. Namun secara garis besar terdapat 2 jenis gitar, yakni gitar akustik dan gitar elektrik. Akan tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara merawat gitar elektik yang baik dan benar. Karena terkadang, kita hanya bisa menggunakan tanpa memberikan perawatan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk merawat gitar elektrik anda.

1. Jika gitar elektrik anda sudah selesai dipakai, bersihkan senarnya dengan kain halus atau tisu dari keringan atau lemak yang menempel. Akan lebih baik apabila membersihkan senar gitarnya menggunakancairan pembersih khusus gitar yang dapat dibeli ditoko alat musik. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan korosi. Selain itu bagian-bagian gitar listrik pasti terdapat banyak komponen yang tebuat dari besi yang rawan akan karat. misalnya pada bagian spull, pick up maupun jack sound nya. Maka alangkah baiknya bila kita bersihkan secara rutin.

2. Simpan gitar di tempat yang kering, artinya suhu ruangan tidak terlalu lembab. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi karat pada komponen-komponen gitar. Atau lebih baik simpan gitar dalam softcase / hardcase gitar yang bagian dalamnya lembut dan anti lembab apabila tidak 
digunakan. Usahakan jangan pakai hardcase/tas gitar yang kasar.

 3. Kendorkan senar gitar. Apabila gitar tidak digunakan dalam waktu yang lama/ lebih dari 2 minggu maka alangkah baiknya jika senar gitar dikendorkan saja. Dimaksudkan agar senar lebih awet dan yang terpenting tidak membuat neck gitar melengkung sehingga pasti tidaknyaman bila digunakan, Apabila alasan anda tidak mengendorkan senar karena susah nyetelnya gunakan aplikasi Android Pitch Lab untuk ponsel anda yang berfungsi untuk mensetting atau menyetel senar gitar dengan mudah.

4. Simpan ditempat yang aman. Baik saat tidak digunakan atau saat anda membawanya untuk manggung atau sekedar latihan, anda bisa menyimpannya pada softcase atau hardcase untuk menghindari goresan akibat benturan dan juga dari hujan.

Demikian tips yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda para musisi khususnya para gitaris. Jangan lupa untuk selalu merawat alat musik anda. Karena jika tanpa perawatan, apapun alat musiknya pasti akan cepat rusak dan akan menjadi beban isi dompet anda.

Sekian dan terimakasih...
Categories: